Sabtu, 01 Mei 2010

JENIS-JENIS USAHA DAN USAHA PENYEDIAAN TEMPAT REKREASI

BAB I
PENDAHULUAN

Dalam dunia yang semakin moderen ini telah membuat suatu dampak perubahan yang sangat siknifikan dan juga berdampak kesegala aspek bidang kehidupan. Mulai dari aspek sosial, ekonomi, politi, dan lain sebagainya. Sebagai mana dalam aspek ekonomi telah membuat orang lebih giat untuk bekerja agar dapat memenuhi biaya atau kehidupan sehari-hari.
Begitu banyaknya pekerjaan namun tidak sebanding dengan rekrutmen yang diambil membuat semakin beratnya suatu persaingan. Untuk itu inovasi dan keahlianlah yang dapat kita pertarungkan di dunia yang semakin ketat ini. Untuk itu alternatif dari semua permasalahan diatas dapat lebih di lakukan dengan mencoba membuka usaha sendiri/bisnis. Karena dengan membuka usaha kita dapat lebih terpokus dengan ketrampian yang kita miliki dan skill dapat berkembang. Hasil yang akan di dapat akan lebih besar dari pekerjaan yang bersifat terikat.


BAB II
PEMBAHASAN
A. Pentingnya Kewirausahaan
 Karena kewirausahaan manusia Indonesia menciptakan kegiatan-kegiatan kreatif dan inovatif berdasarkan peluang terhadap suatu kebutuhan masyarakat.
 Kewirausahaan berarti menciptakan pekerjaan sekaligus menjadikan si pelaku seorang majikan/boss, bukannya menjadikan sebagai pekerja/karyawan bagi orang lain.
 Kewirausahaan dapat menyerap tenaga kerja.
 Kewirausahaan merupakan salah satu sendi dasar perekonomian yang memberikan andil dalam kesejahteraan masyarakat.
 Semakin luas tertanamnya jiwa kewirausahaan pada masyarakat wirausahawan (entrepreneurs) maka semakin bergairah perekonomian masyarakat tersebut.

B. Prinsip-Prinsip Kewirausahaan
 Yaitu orang yang mengubah sesuatu “yang biasa” menjadi produk yang “bermanfaat dan bernilai tinggi” bagi masyarakat.
Seorang entrepreneur Indonesia mendifinisikan entrepreneur sebagai :
“orang yang mengubah sampah menjadi emas”
 Untuk mengubah dari sesuatu “yang biasa” menjadi “bermanfaat dan bernilai tinggi, maka parlu manusia-manusia yang memiliki sikap hidup entrepreneurship.

Entrepreneurship / Kewirausahaan:
Kewirausahaan selalu dikaitkan dengan kegiatan berbisnis, seperti : penjualan, pemasaran, produksi, pedagang eceran dsb. Pemahaman tsb perlu diluruskan, kewirausahaan adalah suatu sikap hidup, yaitu:
• Kreatif dan inovatif.
• Mandiri.
• Gigih/pantang menyerah.
• Penuh percaya diri.
• Leadership.
• Achievement.
• Berani memanfatkan peluang (berani mengambil resiko).

Macam-macam Kewirausahaan:
1. Kewirausahaan bisnis
2. Kewirausahaan pemerintah
3, Kewirausahaan pendidikan
4. Kewirausahaan sosial
C. Ciri-Ciri Kewirausahaan
1. Kreatif dan inovatf.
 Kreativitas : meningkatkan nilai tambah terhadap produk yang sudah ada. Contoh : modifikasi pada kendaraan roda dua atau empat.
 Inovasi : menciptakan sesuatu yang baru dengan memberikan nilai tambah yang manfaat bagi masyarakat. Contoh : penemuan handphone

Hasil inovasi bisa berupa :
 Tangible (nilai ekonomis), seperti produk atau barang;
 Intangible (sosial) seperti kebijakan, lembaga, paradigma, peraturan, yang membawa manfaat bagi masyarakat, seperti: karya cipta seni, olah raga, dll.

2. Mandiri
Melakukukan sesuatu dengan kemampuan diri sendiri, tidak tergantung pada orang lain. Pada prinsipnya tidak mau meminta bantuan, semuanya diupayakan sendiri walaupun hasilnya kecil.

3. Gigih / pantang menyerah
Mempunyai kemauan dan mental yang kuat, bersikap positif walaupun mendapat hambatan dan kegagalan, selalu bangkit kembali, demikian seterusnya sampai berhasil mencapai cita-cita.

4. Percaya diri
Mempunyai konsep yang jelas sehingga dia mempunyai keyakinan bahwa gagasannya akan dapat diwujudkan dan memberikan manfaat bagi orang lain.
5. Leadership
Mempunyai kemampuan memimpin dan meng-organisasikan orang lain, dan diri sendiri karyawan dan mitra kerjanya.
Tanpa kemampuan ini maka tidak akan menjadi besar atau entrepreneur yang sejati.

6. Achievment
Selalu berupaya mengerjakan sesuatu dengan sebaik-baiknya dan bahkan berupaya untuk mencari hal-hal yang lebih baik.
Contoh: penghematan bahan baku, efisiensi sumber daya sehingga terjadi penghematan

7. Berani mengambil resiko
Berani melakukan kegiatan yang membutuhkan biaya dan pengorbanan lain yang untuk memperoleh keuntungan ekonomi. Apabila mengalami kegagalan maka dia akan menderita kerugian karena biaya yang telah dikeluarkannya.

B. Jenis-jenis Usaha
1. Bisnis dari kemampuan berbahasa asing
Menguasai bahasa asing merupakan suatu asset yang sangat bagus. Bila Anda memiliki kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jepang, Arab, Cina, Korea, Anda dapat membuka kursus privat bahasa asing, menjadi penterjemah, guide, atau menerjemahkan buku luar untuk dijual di Indonesia.
2. Bisnis dari kemampuan teknik/listrik/otomotif
Bila Anda memiliki kemampuan teknik, listrik, atau otomotif Anda dapat menjadi konsultan mesin, konsultan listrik, atau membuka jasa service otomotif.

3. Bisnis dari kemampuan komputer & internet
Kemampuan komputer dan internet saat ini juga merupakan suatu nilai yang dapat Anda jual. Misalnya bila Anda memiliki kemampuan pemrograman, Anda dapat membuka usaha software house yang menjual program untuk perusahaan2, atau kemampuan hardware komputer Anda bisa membuka jasa maintenance komputer untuk perusahaan.
Demikian pula dengan kemampuan internet, saat ini dunia internet berkembang begitu pesat. Munculnya dunia blog memunculkan peluang-peluang baru untuk mencari uang dari internet. Bila Anda memiliki kemampuan dalam bidang internet atau blog, Anda dapat membuka kursus bahkan tanpa tatap muka secara langsung, misalnya kursus membuat blog, seo, membuat toko online, dll. Kursus seperti ini sudah banyak di internet.
4. Bisnis dari kemampuan design
Anda memiliki kemampuan dalam hal layout, photoshop, Corel Draw, Free Hand, Ilustrator, Anda dapat membuka jasa desain.
5. Kepintaran Mengajar
Bila Anda memiliki hal ini, Anda dapat membuka kursus privat mengajar dari SD hingga SMA. Tentu Anda juga sudah mengenal Purdi Chandra, pebisnis yang sukses di bidang lembaga bimbingan belajar.
6. Memahami pembuatan laporan keuangan dan perpajakan
Saat ini profesi konsultan keuangan dan perpajakan sangat prospektif. Hal ini didasarkan pada program pemerintah yang mencanangkan bahwa setiap orang nantinya wajib memiliki NPWP. Pengurusan pajak yang harus mengisi berbagai dokumen mungkin sangat membingungkan bagi sebagian besar orang apalagi harus melengkapi dengan laporan keuangan. Nah, apabila Anda memiliki kemampuan dibidang hal ini, Anda dapat membuka jasa konsultan keuangan dan perpajakan.
7. Ahli dalam bidang fotografi
Anda dapat menjadi fotografer atau bahkan Anda juga bisa membuka kursus fotografi.
8. Pandai membaca Alquran
Saat ini, beberapa lembaga juga telah menawarkan jasa ini yang memberikan pengajaran cepat bagaimana membaca Alquran. Bagi Anda yang memiliki kemampuan ini, tidak ada salahnya untuk membuka jasa kursus privat membaca Alquran.
9. Pandai memasak
Memasak juga merupakan keahlian yang sangat bagus. Banyak yang bisa dilakukan dengan kemampuan ini misalnya dapat membuka kursus, menulis buku resep, dll.
10. Pandai menjahit
Anda dapat membuka jasa menjahit, kursus menjahit, atau buka konveksi.

C. Usaha Penyediaan Pusat Rekreasi

Apabila saya telah menyelesaikan kuliah, saya berkeinginan sekali terjun dalam bidang usaha peyediaan tempat rekreasi. Walaupun memerlukan modal dan pendukung lainnya, saya akan usahakan agar terhujutnya mimpi yang telah lama saya inginkan dan dambakan.

Kita ketahui bahwasanya usaha/bisnis yang ada di Pekanbaru ini sudah begitu bayak, namun tidak dibarangi dengan tempat-temat rekreasi yang memadai. Untuk itu saya berkeinginan untuk membuka tempat rekreasi yang mana di dalamnya terdiri dari lapangan rumput untuk tempat santai, lapangan bola, lapangan badminton, joging trak, kolam renang, outbond, lapangan putsal, permainan anak-anak, dan juga dilengkapi dengan binatang peliaraan yang diletakkan ditaman-taman.

Mengapa saya memilih usaha ini, karena didasari begitu minmnya temat-tempat rekreasi yang ada di Pekanbaru. Dimana bayak penduduk Pekanbaru lebih menyenangi berlibur di luar kota. Selaian itu dengan adaya tempat rekreasi yang memadai maka penduduk Pekanbaru lebih dapat refresing dan istirahat sejenak di tempat yang sangat indah dan lengkap ini.
Berikut ini beberapa contoh bisnis berbasis knowledge yang gampang dan mudah untuk dilakukan dan mungkin bisa menjadi inspirasi untuk memulai bisnis Anda.



BAB III
PENUTUP
Dapat saya simpulkan bahwasanya kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu nilai yang berbeda dengan mencurahkan waktu dan upaya yang diperlukan, memikul risiko-risiko finansial, psikis dan sosial yang menyertai, serta menerima penghargaan /imbalan moneter dan kepuasan pribadi.
Dengan membuka usahanya kita dapat menjadi tambahan dalam prekonomian kita dan jua orang lain. Melalui usaha ini dapat mengembangkan ide-ide, keterampilan, dan menumbuhkan inovasi yang akan menciptakan suatu untuk orang banyak.
Mendirikan usaha harus melihat apa-apa saja yang menjadi kekuatan dan peluang dari usaha yang kita dirikan. Namun jangan terlena dengan kelemahan dan ancaman yang akan menghadang dari usaha yang kita jalani.


DAFTAR PUSTAKA
Www.Usahaanda.Com
Www.Kewirausahan.Com
Skripsi-Tesis.Com™
Majalah Pengusaha - Referensi Usaha Anda.Com



Tidak ada komentar: